Thursday, January 10, 2008

Rejections

Aku baru aja gabung di group Republik Indonesia di facebook, dan di situ ada post tentang sebuah blog yang membenci Indonesia. Setelah kubaca blog itu.. rasanya kesel banget dech..

Memang, Indonesia mungkin tidak semaju negara-negara di Eropa atau AS, dan memang ada banyak kekurangan dari segi pemerintahan dan sosial. Tapi itu semua kan bukan alasan untuk membenci Indonesia. Keburukan masyarakat pada umumnya disebabkan oleh kurangnya pendidikan, dan pendidikan itu bukan sesuatu yang gratis di Indonesia, dan mereka masih harus bekerja untuk mendapatkan pangan, papan, sandang.. yang seringnya tidak dapat dicicipi oleh kaum papa, boro boro ngomongin pendidikan.

iya, aku akui, Indonesia memang punya banyak kekurangan, tapi sebagai bangsa Indonesia sendiri, kenapa menghina dan mencaci maki bangsa sendiri? Ga ada kerjaan lain apa?

Aku sebagai bangsa Indonesia yang berada di luar negri, memang terasa sekali perbedaannya. Di negara yang menjadi tempat tinggal ku untuk saat ini, memang sangat teratur kalau dibandingkan dengan Indonesia. Tapi aku tetap cinta Indonesia!!! Ga ada yang mengalahkan lezatnya makanan Indo!! Indomie aja sampe diekspor ke sini dengan harga berkali-kali lipat.. Sampe agak sedih rasanya klo lagi mau makan indomie.. hehehe
Coba dech ke AS, cek di toko".. banyak juga yang menjuat barang" made in Indonesia. Bahkan sampai ke toko" yang bermerek, labelnya 'Made in Indonesia', dan memang barang" ini khusus untuk didagang ke luar negeri, jadi ga bakal bisa dibeli di Indonesia, dan kualitasnya itu bagus!! sudah berapa kali aku beli baju di luar negeri tapi labelnya 'made in indonesia' semua...

Orang-orang luar memang banyak yang tidak mengenal nama Indonesia, apalagi benderanya. Sekolahku ini bisa dibilang sekolah internasional, murid"nya berasal lebih dari 60 negara dari segala penjuru dunia. Jadi, di name tag sekolahku, ada nama dan bendera asal negara, dan memang, beberapa kali aku ditanya oleh teman-teman sekolahku, 'Where are you from? Sorry, but I don't recognize your flag'. Dan bahkan, beberapa dari mereka ga tau sama sekali tentang Indonesia, tapi waktu dibilang Bali, semuanya langsung nyambung..


Eitzz.. jangan berpikir bahwa Indonesia seburuk itu dulu di mata dunia. Waktu aku di Bandara Incheon di Korea Selatan, lagi menunggu pesawat untuk balik ke Jakarta, aku sempet ngobrol panjang lebar dengan seorang guru bahasa Inggris asal AS. Waktu dia tau aku berasal dari Indonesia, dia langsung dengan semangat nanya nanya tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Tentang Bung Karno dan kronologinya..
Jujur, saat itu aku kaget, ternyata orang luar tau juga soal ginian, apalagi dia juga tau BANYAK tentang sejarah Indonesia, makanya dia langsung bicara panjang lebar tentang topik sejarah Indonesia itu. Untungnya.. sebagai murid dengan kurikulum Indonesia yang mesti mempelajari berbagai macam pelajaran tanpa pandang bulu itu, aku yang benci pelajaran sejarah, untuk pertama kalinya, bersyukur pernah belajar sejarah, apalagi sejarah Indonesia!!! Jadi aku bisa bicara, dan menjelaskan sejarah Indonesia yang dia kurang tau..

Trus, di sini aku juga punya temen orang Belanda, dan dia tau banget soal Indonesia. Apalagi dia cerita tentang neneknya yang memang Belanda tulen, tapi cinta mati sama Indonesia. Dia cerita neneknya itu, selalu masak makanan Indonesia dan bicara tentang Indonesia. Seorang yang bukan warga negara Indonesia, bukan bangsa Indonesia, tapi berasal dari bangsa asing yang mungkin bahkan lebih cinta Indonesia dari pada beberapa bangsa Indonesia yang sama sekali tidak bangga menjadi Indonesia. Malu ga sih??

Aku di sini, menuntut ilmu di negri orang, berbaur dengan orang-orang dari segala penjuru dunia. Misi kita di sini, bukan hanya belajar semata, tapi juga membawa nama Indonesia di kalangan internasional. Karena kita semua di sini bukan hanya dikenal dengan nama atau wajah atau kelas, tapi lebih dikenal dengan negaranya juga..
dan sudah menjadi kewajiban setiap warga negara untuk membawa nama bangsanya.
Hidup Indonesia!!!
Semoga Indonesia dapat menjadi bangsa yang lebih baik dan menjadi negara maju nantinya.
^^

3 comments:

~'FeN'~ said...

Setuju, Vin...
Walopun Indonesia ga bagus...
Aku tetep sayang sama Indo-ku...

Orang sini juga tertarik kok sama Indonesia...

Masa Orang Indo nya sendiri ga tertarik?

Vienne said...

iya
bener
gimana sih...
hahaha

kita bangga jadi Indonesia!
xp

Unknown said...

Bener banget vi.... I love indonesia ... I love the food,i love the island,i love the city. And of course I love the ladies too hehehe