Thursday, December 20, 2007

start over again

Setelah sekian lama aku berhenti menulis, dikarenakan oleh tiadanya waktu, lalu didorong oleh rasa malas.... blog ini telah terbengkalai hampir selama setahun.
tapi.. memang ada rasa keinginan untuk menulis yang mendorongku untuk memulai lagi.
atau.. mungkin juga karena saat liburan, aku jadi punya waktu lebih banyak, bukan hanya untuk menulis, tetapi juga untuk memikirkan hal" yang telah terjadi padaku, dan apa maknanya dalam hidupku ini.
sejak setahun terakhir aku menulis, jelas telah terjadi banyak hal terhadapku. banyak hal yang mungkin merubah sudut pandangku terhadap dunia, dan terutama telah lebih mendewasakanku mungkin.

Dimulai dari saat" menempuh ujian akhir, bagaimana rasanya berjuang sekuat tenaga bersama teman-teman, lalu juga bagaimana caranya menghadapi perpisahan yang begitu berat dengan teman" yang mungkin tak akan pernah kujumpai lagi selama sisa hidupku, karena mereka begitu berharga dan sempurna dalam hidupku, mungkin hanya kesempatan sekali seumur hidup.

Lalu saat" dimana aku harus memulai lembaran baru di tempat yang sangat jauh dari tanah kelahiranku, di dunia yang sebelumnya belum pernah aku kunjungi. dan di dunia ini aku harus membuktikan tekad dan kemandirianku pada orang tuaku, sesuai dengan janji yang aku ucapkan agar aku dapat pergi ke dunia ini. ke dalam dunia yang dapat mengajariku tentang budaya lain, teman" dari negara asing. Hal yang terakhir aku pelajari.. itu adalah cinta dan perpisahannya. betapa indah dan sakitnya......

ya.. aku telah mengalami banyak hal dalam waktu setahun ini.
aku juga telah belajar banyak tentang kehidupan.
bahwa manusia itu memang sangat bervariasi. kita ga bisa berharap hanya bertemu dengan orang" yang baik saja.
karena faktanya tokoh jahat di dalam dunia ini banyak banget, bahkan mungkin kita bisa jadi salah satunya. karena peran yang dimainkan setiap orang itu beda setiap harinya, bahkan beda dari sudut pandang yang berbeda. tidak ada yang namanya hitam putih di dunia nyata. yang ada hanya belang"...

No comments: